Soal Ulangan Harian Optika Fisis

Posted: Oktober 6, 2010 in Soal ulangan Harian

1.     Celah tunggal selebar 0,1 mm disinari berkas cahaya sejajar dengan panjang gelombang 8.000 Å. Pola difraksi yang         terjadi ditangkap oleh layar pada jarak 1 meter dari celah. Jarak antara garis gelap kedua dari terang pusat adalah ….

2.     Pada percobaan Young, dua celah terpisah sejauh 4 mm dan berjarak 80 cm dari layar. Jika panjang gelombang               cahaya yang digunakan 5000 Å jarak antara garis terang dan gelap yang berdekatan adalah ….

3.     Dua celah sempit yang terpisah pada jarak 0,2 mm disinari tegak lurus. Garis terang ketiga terletak 7,5 mm dari                  garis terang pusat pada layar yang berjarak 1 m dari celah. Panjang gelombang cahaya yang dipakai adalah ….

4.     Cahaya jatuh tegak lurus pada kisi yang terdiri atas 5.000 goresan tiap cm. sudut deviasi orde kedua adalah 30o.                panjang gelombang yang digunakan adalah ….

5.     Seberkas cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5.000 Å dilewatkan pada kisi. Jika terang pertama                  membentuk sudut 30o terhadap normal, maka jumlah goresan setiap centimeter adalah ….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s