ANALISIS SK/KD

Posted: November 7, 2010 in Pendidikan

Sebagai pendidik, adalah suatu keharusan untuk melakukan perubahan terus menerus sesuai dengan perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan itu sendiri. Guru tak boleh jalan di tempat, statis dan konservatif. Guru justru berperan sebagai agen perubahan. Tak jarang kemajuan teknologi membuat peserta didik juga mengalami perubahan yang luar biasa cepat. Sejalan dengan itu maka guru dalam menyusun persiapan pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan psikologis peserta didik.

Telah sekian lama pemerintah dalam hal ini Kemendiknas telah menetapkan kemampuan minimal yang harus dikuasi setiap peserta didik untuk lulus dari stuan pendidikan tertentu dalam bentuk Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Agar arah pembelajaran kita sesuai dengan target akhir yaitu lulus dengan jujur maka SKL tersebut harus dianalisis terlebih dahulu.

Sebelum dilakukan analisis SKL sebaiknya dilakukan Analisis Tujuan Mata Pelajaran. setipa mata pelajaran memliki tujuan yang berbeda-beda. Analisis SKL sebagai kelanjutan dari Analisis Tujuan. Analisis SK/KD sebagai bagian tak terpisahkan dari analisis sebelumnya.

Pembuatan silabus dan RPP juga harus memperhatikah analisis SKL dan analisis SK/KD. Indikator pada RPP sama dengan indikator pada silabus dan analisis SK/KD. Contoh ANALISIS TUJUAN klik sini, untuk ANALISIS  SKL klik sini, dan ANALISIS   SK/KD klik sini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s