Distribusi Materi Pelajaran untuk SKS

Posted: Desember 4, 2010 in Pendidikan

Sekilas agak sulit memecah materi pelajaran yang tadinya harus selesai dalam 6 (enam) semester atau tiga tahun menjadi 4 (empat) semester. Di sinilah peran MGMP sekolah. Guna mengatasi kesulitan dalam memecah materi maka semua guru anggota MGMP sekolah harus duduk bareng membicarakan distribusi materi. Umumnya satu sks sama dengan 2 jam pelajaran. Dari acuan itu maka kita bisa menghitung jumlah total  sks untuk satu mata pelajaran, atau sesuai dengan panduan penerapan SKS yang telah dikeluarkan oleh BNSP.

Agar siswa dapat selesai belajar enam semester, maka sebaiknya tiap mata pelajaran dibagi menjadi 4 mata pelajaran misalnya mata pelajaran Fisika yang tadinya namanya sama untuk selama tiga tahun maka diubah menjadi FISIKA 1 sebanyak 2 sks, FISIKA 2 sebanyak 3 sks, FISIKA 3 sebanyak 3, dan  FISIKA 4 sebanyak 3 sks jadi jumlah total FISIKA sebanyak 11 sks atau 22 jam pelajaran. Selama ini untuk sekolah reguler maka kelas X Fisika 2 jam pelajaran setahun, kelas XI 8 jam pelajaran setahun dan kelas XII 8 jam pelajaran setahun. Jadi selama tiga tahun mendapatkan pelajaran fisika sebanyak 20 jam pelajaran.

Pengambilan pelajaran Fisika cukup empat semester tetapi jumlah jam pelajarannya lebih banyak. Dengan demikian tidak ada materi pelajaran yang terhapuskan. Jadi pendistribusian materi pelajaran disesuaikan dengan jumlah sks atau jam pelajaran. Untuk sks sedikit maka materi juga harus sedikit dan sebaliknya. Karena FISIKA 1 2 sks atau 4 jam pelajaran maka materi fisika kelas X selesai dalam semester I, sehingga penjurusan dapat dilakukan pada semester II. Siswa yang jurusan IPA dapat mengambil pelajaran FISIKA 2. Contoh penyebaran atau distribusi materi dapat KLIK di SINI, atau Panduan Penerapan SKS KLIK di SINI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s