SKL UJIAN NASIONAL (UN) 2011

Posted: Januari 1, 2011 in Pendidikan

Indikator ujian nasional tahun pelajara 2010/2011 sedikit mengalami perubahan. Perubahan tersebut hanya pada beberapa bagian yaitu alat ukur, gerak dan relativitas. Pada tahun sebelumnya maka alat ukur hanya terfokus pada jangka sorong tapi untuk tahun 2011 tidak disebutkan alat ukur yang akan keluar dalam UN. Pada gerak, tahun 2011 ada tambahan yaitu untuk gerak melingkar dan gerak parabola, padahal tahun sebelumnya hanya gerak lurus. Terdapat indikator baru kali ini yaitu Relativitas. Pada tahun-tahun sebelumnya materi ini tak pernah keluar dalam Ujian Nasional tetapi hampir selalu keluar dalam SMPTN. Berikut inikator UN untuk tahun 2010 dan 2011, silakan analisis untuk persiapan UN 2011. semoga sukses. AMIN

Perbandingan Indikator Ujian Nasional Mata Pelajaran Fisika Tahun 2010 dan 2011

NO INDIKATOR 2010 INDIKATOR 2011
1 Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu.
2 Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah /mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
3 Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.
4 Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
5 Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet. Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi.
6 Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen. Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
7 Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi. Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.
8 Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran yang terkait. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi.
9 Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.
10 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
11 Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum
12 Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black. Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari.
13 Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya. Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya.
14 Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal. Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
15 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
16 Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor. Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.
17 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong.
18 Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
19 Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan. Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan.
20 Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya.
21 Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik. Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik
22 Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut. Menentukan besaran-besaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut.
23 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb atau medan listrik.
24 Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar.
26 Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik.
27 Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup. Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.
28 Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.
29 Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhi-nya. Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
30 Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday.
31 Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
32 Membedakan teori-teori atom. Membedakan teori-teori atom.
33 Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait.
34 Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam. Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
35 Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
36 Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s