KISI-KISI UAS FISIKA 2012

Posted: Februari 8, 2012 in Pendidikan
Tag:

Ujian akhir sekolah sebentar lagi tiba. Pertanda gerbang kelulusan tlah menjelang. Ujian Akhir Sekolah untuk SMA dilaksanakan tanggal 12 Maret 2012. Kisi-Kisi UAS sudah disusun oleh guru-guru inti Kota Bekasi di SMA Negeri 8 Kota Bekasi pada tanggal 3 Februari 2012. Terdapat beberapa mata pelajaran yang kisi-kisinya tidak dibuat oleh guru inti, melainkan diserahkan ke masing-masing sekolah. Beberapa pelajaran tersebut adalag Bahasa Jepang, Bahasa Sunda, dan Pendidikan Lingkungan Hidup. Kisi-kisi soal tersebut dibuat dalam tiga paket, yaitu PAKET A,  PAKET B dan PAKET CADANGAN. Untuk mata pelajaran Fisika kisi-kisi paket A  seperti berikut: (Jika anda ingin mengunduh kisi-kisi, silahkan klik link di atas).

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH SMA KOTA BEKASI TAHUN 2012 (PAKET A)

    No.

Standar Kompetensi/SKL

Kompetensi Dasar/Indikator Pencapaian

Kls/

Smt

Materi

pokok

Indikator soal

Nomor

soal

1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif. Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting. X/1 Pengukuran massa, panjang, dan waktu Diperlihatkan gambar pengukuran dengan mikro meter skrup, peserta didik dapat menentukan dengan tepat hasil pengukuran. 1
Menentukan besar dan arah vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara. X/1 Penjumlahan vektor Disajikan grafik perpindahan, peserta didik dapat menghitung besar perpindahan 2
2. Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola. X/1 GLB, GLBB, Gerak Melingkar dan Gerak Parabola Disajikan grafik v-t (GLBB). peserta didik dapat menentukan besar perpindahan.Diberikan data besaran benda yang bergerak melingkar beraturan, peserta didik dapat menentukan sentripetal

Disajikan data tentang gerak parabola, peserta didik dapat menentukan tinggi maksimum benda.

3

4

5

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. X/1 Hukum Newton tentang gerak Disajikan gambar dua buah benda yang dihubungkan dengan tali melalui katrol tak bermasa, peserta didik dapat menentukan tegangan tali. 6
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar. XI/1 Keseimbangan benda tegarDinamika rotasi Diberikan data tentang suatu benda pejal yang bergerak melingkar, peserta didik menentukan besaran fisis yang terkait.Diberikan gambar beda homogeny, peserta didik dapat menentukan titik berat benda.

7

8

Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait XI/1 Usaha dan Energi Diberikan data benda bergerak dengan kecepatan yang berubahan, siswa dapat menentukan usaha yang bekerja pada benda tersebut 9
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas. XI/1 Hukum Hooke dan elastisitas Disajikan data percobaan tentang elastisitas benda melalui tabel, siswa dapat menentukan konstanta elastisitas 10
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. Hukum kekekalan energi mekanik Disajikan data-data benda yang jatuh bebas, siswa dapat menentukan kecepatan pada ketinggian tertentu 11
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum XI/1 Momentum, impuls, dan tumbukan Diberikan data benda yang mengalami perubahan kecepatan karena dipengaruhi gaya, peserta didik dapat menentukan Impuls yang dimiliki benda.Disajikan data-data benda yang bertumbukan tidak lenting sama sekali, peserta didik dapat menentukan kecepatan benda setelah tumbukan

12

13

Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. XI/2 Fluida statik dan dinamik Diberikan data tentang tekanan hidrostatis, peserta didik dapat menjelaskan faktor besaran yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.Disajikan gambar aliran udara disekitar sayap pesawat terbang, Peserta dapat menjelaskan besaran-besaran fisis sesuai asas Bernoulli

14

15

3. Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah. Suhu dan Kalor Disajikan gambar dua logam yang disambung/ditempel, peserta didik dapat menentukan suhu yang tepat pada sambungan jika data-data diketahui.Disajikan data-data tentang dua benda yang dicampur, peserta didik dapat menghitung suhu campuran.

16

17

Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya. XI/2 Gas ideal Disajikan data yang terkait dengan Hukum Boyle-Gay Lussac, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran yang terkait 18
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor. XI/2 Termodinamika Disajikan grafik P-V proses thermodinamika pada mesin kalor, peserta didik dapat menghitung efesiensi mesin 19
4. Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang. XII/1 Gejala dan Ciri-ciri Gelombang Diberikan gambar gelombang, peserta didik dapat menentukan besaran-besaran fisis yang terkait. 20
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari. X/2 Gelombang elektromagnetik Peserta didik dapat menyebutkan manfaat gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. 21
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong. X/2 Alat Optik Diberikan data mikroskop, peserta didik dapat menentukan panjang mikroskop 22
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi. XII/1 Optika fisis Disajikan diagram difraksi celah ganda, peserta didik menentukn menentukan jarak terang pusat ke gelap tertentu. 23
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.. XII/1 Efek Doppler Diberikan data ambulan yang bergerak mendekati seorang pendengar yang diam. Peserta didik dapat menentukan frekuensi bunyi yang didengar. 24
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda. XII/1 Intensitas gelombang Diberikan data tentang beberapa sumber bunyi yang memiliki intensitas sama, peserta didik dapat menentukan intensitas bunyi gabungannya. 25
5. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi. Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb. XII/1 Listrik Statis Diberikan gambar interaksi partikel bermuatan (maks. 3 partikel) segaris, peserta didik dapat menentukan resultan gaya coulomb yang bekerja pada salah satu muatan.Diberikan data tentang beberapa partikel bermuatan, peserta didik dapat menentukan letak suatu titik yang medan listriknya nol.

26

27

Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar. XII/1 Kapasitor keping sejajar Disajikan besaran fisis pada kapasitas keping sejajar, peserta didik dapat menentukan potensial listriknya 28
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff. X/2 Hukum Kirchoff I dan II Disajikan gambar rangkaian listrik satu loop, peserta didik dapat menghitung salah satu besaran listrik dari rangkaian 29
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik. XII/1 Medan megnet di sekitar kawat berarus listrik. Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya induksi magnet di sekitar kawat berarus listrik. 30
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen. XII/1 Gaya Lorentz Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi   besarnya   gaya Lorentz 31
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator. XII/1 Transformator Disajikan data besaran fisis trasformator, peserta didik dapat menjelaskan besaran-besaran terkait. 32
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor. XII/1 Listrik arus bolak balik Disajikan gambar rangkaian RLC, peserta didik dapat menentukan arus listrik pada rangkaian.Disajikan data tentang rangkaian RLC seri, peserta didik menentukan frekuensi resonansi rangkaian.

33

34

6. Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari Membedakan teori-teori atom. XII/2 Perkembangan teori atom Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan teori atom menurut Thomson/ Rutherford/ Bohr.Disajikan data energi, tetapan Planck, dan kecepatan cahaya, peserta didik dapat menentukan energi yang dipancarkan atom hydrogen jika pindah dari lintasan dasar ke lintasan ke-n

35

36

Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton. Efek foto listrikEfek Compton Disajikan pernyataan tentang efek fotolistrik, peserta didik dapat menjelaskan besaran-besaran terkait 37
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas. XII/2 Teori relativitas Disajikan data tentang suatu benda yang bergerak dengan kecepatan mendekati cahaya, peserta didik menentukan besaran fisis yang terkait. 38
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. XII/2 Reaksi Inti Disajikan persamaan reaksi inti, peserta didik dapat menentukan energy yang dilepaskan. 39
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam berbagai aspek kehidupan. XII/2 Zat Radio Aktif Disajikan beberapa contoh penerapan radioisotop, peserta didik dapat menyebutkan pemanfaatannya dalam bidang industri 40

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s