Siap Ujian Nasional (UN)

Posted: April 1, 2012 in Pendidikan

Ujian Nasional (UN) merupakan gerbang terakhir yang harus dilalui sisw untuk bisa menyelesaikan studi dari bangku sekolah. Pada jenjang SMA/MA UN dilaksanakan pada tanggal 16 – 19 April 2012. Keberhasilan menghadapi UN sangat ditentukan oleh kesiapan siswa. Berikut beberapa kiat untuk sukses dalam UN
1. Persiapkan Diri
Modal utama mengikuti UN adalah belajar yang cukup. Jangan lakukan belajar secara SKS (suka kebut semalam). Belajar harus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Jika dilakukan secara SKS maka saat ujian atau setelah ujian akan timbul kelelahan yang luar biasa, padahal besoknya masih ada ujian. repot kan???

2. Ukur Kemampuan Diri
Tidak setiap kita mampu menguasai seluruh materi pelajaran. Kamu harus bisa pilih materi mana yang paling kamu kuasai. Jika terdapat suatu materi yang memang sangat sulit, lebih baik tinggal saja (asal jangan sebagian besar materi)

3. Siapkan Peralatan
Segala peralatan untuk mengikuti Un harus sudah lengkan sabelum kamu berangkat sekolah. Pensil, penghapus, tatakan LJK, ballpoint, rautan, kartu peserta ujian, termasuk pakaian harus rapi sesuai aturan sekolah.

4. Tidak Terlambat
Ujian nasional biasanya dilakasanakan mulai pukul 08.00 waktu setempat. Ini berarti sudah lumayan siang namun demikian terkadang ada saja siswa yang terlambat. Dan biasanya siswa tersebut akan fatal akibatnya jika datang terlambat. Dia harus tergopoh-gopoh masuk ruang ujian, bahkan celakanya apa yang sudah dipelajarinya bisa hilang dari ingatan akibatnya ya …. Jadi akan lebih baik jika datang lebih awal. Minimal 15 menit sebelum bel berbunyi. Walau ujian dimulai pukul 08.00 namun sesuai aturan 20 menit sebelum waktu ujian, maka bel telah dibunyikan. waktu 20 menit digunakan untuk pengisian identitas , dan lain2. Jadi kalian musti sudah di sekolah minimal 35 menit sebelum jam 08.00, ok??

5. Tenang dan percaya diri
Saat mengerjakan soal, kamu jangan tegang tetapi sebaliknya harus rileks. Ketenangan sangat diperlukan dalam mengerjakan soal. Jangan ragu akan kemampuan diri, harus percaya diri. Sekali kamu bertanya kepada teman, maka konsentrasi kamu hilang dan blank. Jika terdapat soal yang kamu belum bisa kerjakan, maka tinggalkan dulu.

6. Pilih soal yang mudah
Tidak semua soal ujian memiliki tingkat kesukaran yang sama. Apalagi materi yang harus kamu kuasai begitu banyak, maka dalam mengerjakan soal pilihlah soal yang menurut kamu mudah. setelah yang mudah habis, yang lebih sulit dan yang terakhir yang sulit.

7. LJK
LJK harus diisi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. jangan coba-coba untuk menggunakan alat tulis yang tidak sesuai dengan ketentuan. Hindari air di atas meja, agar LJK tidak basah. Hapus secara hati-hati, jika ada yang salah, agar tidak robek. Intinya perlakukan LJK secara berhati-hati. dan jangan lupa, jika waktu masih cukup sementara semua soal telah terselesaikan, maka periksa ulang semua jawaban, jangan sampai ada yang salah.

8. Efektifkan Waktu
Waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal adalah 2 jam (120 menit). Jadi gunakan seluruh waktu yang disediakan sebaik mungkain. Kalaupun sebelum 2 jam kamu sudah selesai, periksa lagi, lagi, lagi dan lagi hingga waktu habis. Pastikan sepmua peserta ujian di ruangan kamu baru keluar ruangan setelah bel akhir waktu berbunyi. Jadi masuk ruangan bersama-sama, keluarnyapun bersama pula.

9. Doa
Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha, berhasil dan tidaknya Allah yang menentukan. untuk itu setiap apa yang kita kerjakan harus diawali dengan doa, begitu pula setelah selesai juga harus diakhiri dengan doa. Berdoalah secara khusuk, sehingga Allah berkenan mengabulkan semua keinginan kamu.

Mungkin itu kira-kira beberapa kiat yang harus kamu lakukan untuk menghadapi Ujian Nasional dangan hasil yang Sukses. SEMOGA KAMU SEMUA BERHASIL. AMIN

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s