Kisi-Kisi UN 2013

Posted: November 23, 2012 in Pendidikan

Paket soal

Pemerintah berencana menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2013 dengan melakukan sejumlah perubahan, termasuk diantaranya dengan menambah variasi soal. Saat memberikan keterangan pers soal UN 2013 di Jakarta, Kamis, 11 Oktober 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan, variasi soal yang tahun ini hanya ada lima macam akan ditambah menjadi 20 macam pada UN tahun depan. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif,” katanya.

Dia juga mengatakan tentang kemungkinan adanya kenaikan nilai standar kelulusan dari 5,5 menjadi 6 atau tetap mempertahankan nilai standar 5,5 dengan meningkatkan derajat kesulitan soal. Tahun ini proporsi kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasinya tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. Keinginan untuk meningkatkan nilai standar kelulusan ini memerlukan perlu penggodokan dengan pihak BSNP Badan Standar Nasional Pendidikan).

Kisi-Kisi UN 2013

Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 yang telah dimatangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) . Kisi-kisi UN 2013 juga disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga para guru dapat segera mempersiapkan anak didiknya, demikian seperti disampaikan Ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah, di Gedung Kemdikbud Jakarta, Selasa (16/10).

Kisi-kisi UN 2013 ini menurut Ketua BSNP telah dibuat sejak tahun 2012. Pembuatannya juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Untuk itu, pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi. Tidak hanya itu, sekolah juga bisa memanfaatkan hasil evaluasi dan kajian penyerapan pelaksanaan UN pada tahun lalu. Dari evaluasi dan kajian tersebut, digambarkan secara jelas penyerapan masing-masing mata pelajaran.

Sementara itu Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Hari Setiadi, mengatakan bahwa kisi-kisi untuk UN 2013 dapat memberi acuan pada para guru untuk mengajarkan materi yang sesuai kepada siswanya. Menurut beliau cara yang akan ditempuh untuk sosialisasi kisi-kisi soal UN 2013 ini adalah dengan berkirim surat pada Dinas Pendidikan masing-masing daerah dan sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Selanjutnya, akan ada website juga yang dapat digunakan untuk mengakses kisi-kisi soal tersebut. Website yang dimaksud adalah situs milik BSNP dan Balitbang. Dari sanalah kita bisa mengakses kisi-kisi yang penting tersebut.

Disampaikan juga bahwa secara materi / konten tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal UN 2012. Dengan demikian para guru tidak perlu khawatir karena untuk sementara dapat menggunakan pedoman yang lama dalam mempersiapkan peserta didik menempuh UN 2013, sambil menunggu terbitnya kisi-kisi UN yang baru yang akan menjadi acuan bagi calon peserta ujian nasional tahun 2013 di setiap jenjang pendidikan. Kisi-Kisi UN 2013 dapat di Unduh di SINI.

Diolah dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s