Kiat Pembentukan Karakter Siswa

Posted: Oktober 28, 2014 in Pendidikan, Uncategorized

MINARDI NUPTKSeiring pesatnya perkembangan informasi dan teknologi maka setiap orang akan sangat mudah mendapatkan informasi tentang budaya dan perubahannya dalam waktu yang sangat singkat. Tak terhalang oleh jarakdan waktu. Generasi muda merupakan pengguna IT yang sangat besar, akibatnya merekalah yang sangat rentan akan perubahan. Tidak menjadi masalah ketika perubahan yang positif, tetapi jika negatif, ini akan membahayakan bangsa.

Untuk itu pembentukan karakter generasi muda, mutlak diperlukan. Siswa SMA merupakan bagian dari generasi muda juga tak luput dari upaya pembentukan karakter. Apalagi telah jamak kita jumpai perilaku pelajar yang gemar tawuran, tidak semangan belajar, susah memperhatikan ketika orang lain bicara, cenderung ngobrol sendiri, Maka guru sebagai sebagai pendidik harus berada paling depan terhadap pembentukan karakter generasi muda. Salah satu kiat yang dapat diterapkan di kelas adalah membuat kesepakatan dengan siswa yang harus ditaati oleh guru dan siswa. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh siswa, orangtua siswa dan guru. Setiap guru sebaiknya membuat kesepakatan dengan siswanya, sehingga semua guru kompak. Contoh kesepakata dengan siswa :

KESEPAKATAN KELAS X PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM (MIA)
MATA PELAJARAN : FISIKA

Kesepakatan ini telah disusun dan disepakati antara kelas X MIA-2 dengan Guru mata pelajaran.

Kelas kami akan melaksanakan nilai-nilai agama dan kepercayaan melalui :
• Berdoa sesuai keyakinan masing-masing sebelum pelajaran dimulai.
• Menghormati keyakinan dan kepercayaan orang lain.
Kelas kami akan melaksanakan nilai-nilai kejujuran melalui :
• Mengerjakan secara sendiri-sendiri pada saat mengikuti evaluasi yang dilaksanakan oleh guru/sekolah.
• Tidak meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan soal-soal evaluasi yang sedang diikuti.
• Tidak memberikan bantuan kepada orang lain untuk menyelesaikan soal-soal evaluasi yang sedang berlangsung.
Kelas kami akan melaksanakan nilai-nilai kedisiplinan melalui :
• Masuk ruang kelas tepat waktu
• Mengumpulkan pekerjaan rumah/tugas tepat waktu
Kelas kami akan melaksanakan hubungan yang saling menghormati melalui :
• Mendengarkan setiap pembicaraan, hanya satu orang yang berbicara pada suatu waktu.
• Mengangkat tangan/mengacungkan tangan setiap mau bertanya/berpendapat. Tangan tidak diturunkan sampai guru mempersilakan bicara.
• Menghormati pendapat orang lain.
• Tidak melakukan tindakan penghinaan, berbicara kasar, berbicara kotor, dan meremehkan orang lain.
Kelas kami akan memperlihatkan rasa hormat dan empati terhadap semua warga sekolah melalui:
• Mendengarkan orang lain berbicara dan tidak mentertawakan pendapat orang lain.
• Menghormati setiap benda milik orang lain.
• Saling membantu satu sama lain.
Kelas kami akan menunjukkan komitmen menuju kemajuan dan keberhasilan akademik melalui:
• Memberikan segala sesuatu yang terbaik
• Melakukan kerja keras di dalam kelas
• Memberikan perhatian terhadap apa yang dikerjakan
• Mengikuti aturan kelas dan kebijakan guru
• Mengerjakan pekerjaan rumah/tugas dengan lengkap dan mengumpulkan tepat waktu.
Kelas kami akan memperhatikan baik terhadap diri sendiri maupun orang lain melalui:
• Saling menghormati satu sama lain dan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain
• Bekerja secara hati-hati di laboratorium
• Menjaga volume suara agar tidak membuat kelas menjadi bising/gaduh
Siswa bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan dan pertemanan dalam linkungan kerja melalui :
• Tidak melakukan tindakan yang menyinggung Suku, Agama, dan Ras (SARA) terhadap siapapun
• Bekerja secara hati-hati di dalam laboratorium
• Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, pekerjaan dan perlengkapan yang digunakan
Guru bertanggung jawab terhadap keselamatan dan lingkungankerjanya melalui:
• Memberikan bantuan kapan dan dimanapun diperlukan
• Memastikan bahwa siswa mengikuti aturan keselamatan di laboratorium
• Mendengarkan pendapat/pertanyaan siswa
• Mengikuti aturan kelas untuk pendisiplinan siswa yang melakukan kesalahan

Jika terjadi pelanggaran kesepakatan maka :
• Peringatan pertama
• Peringatan kedua :
 Tempat duduk dipindahkan
• Peringatan ketiga :
 Siswa dukuk/belajar di luar kelas sampai pelajaran usai
• Peringatan terakhir:
• Orang tua siswa dihubungi
• Dibicarakan tentang kemungkinan pindah sekolah.

Bekasi,___ Agustus 2014
Menyetujui                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran

_____________                                                                                                         M I N A R D I

Nama Siswa

________________
Nama Ortu/ Wali murid

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s