MEKANISME DAN PROSEDUR PEMINATAN SMA

Posted: Oktober 19, 2015 in Pendidikan

Mekanisme Pemilihan Peminatan
Kelompok Peminatan yang dapat dipilih peserta didik terdiri atas kelompok Matematika dan Ilmu Pen
getahuan ADSC_0040lam, Ilmu Pengetahuan Sosial, serta Budaya dan Bahasa.

Mekanisme pemilihan peminatan bagi peserta didik baru di kelas X dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Sejak peserta didik mendaftar ke SMA/MA.
  2. Setelah peserta didik diterima di SMA/MA.

Sesuai dengan minat, bakat, dan/atau kemampuan akademik peserta didik dengan mempertimbangkan:

  1. Nilai Raport SMP/MTs atau yang sederajat;
  2. Nilai Ujian Nasional SMP/MTs atau yang sederajat; dan
  3. Rekomendasi guru bimbingan dan konseling/konselor di SMP/MTs atau yang sederajat.

Jika diperlukan sekolah dapat melaksanakan seleksi dengan menambahkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Wawancara peserta didik dan/atau orangtua;
  2. Tes penempatan (placemnt test);
  3. Tes bakat dan minat oleh psikolog atau psikotes.

Pindah Kelompok Peminatan

Peserta didik dapat pindah antar kelompok peminatan akademik paling lambat pada akhir semester 1 (satu) berdasarkan hasil pembelajaran  pada semester  berjalan dan rekomendasi guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Apabila hal ini menimbulkan kesulitan dalam pelaksanaannya maka pindah peminatan dimungkinkan dilakukan setelah ulangan tengah semester 1. Ketentuan ini dituangkan dalam kurikulum dan  aturan akademik satuan pendidikan. Peserta didik yang pindah kelompok peminatan akademik harus mengikuti program matrikulasi.

Penyelenggaraan Peminatan

Permendikbud No.64 tahun 2014 pasal 3 ayat (6) mengamanatkan bahwa SMA wajib menyelenggarakan ketiga kelompok peminatan akademik.  Adapun sekolah yang wajib menyelenggarakan ketiga kelompok peminatan akademik memiliki kriteria sebagai berikut. 1. Adanya peserta didik yang memilih ketiga kelompok peminatan;

  1. Tersedia sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan;
  2. Tersedia sarana prasarana pendukung terselenggaranya ketiga kelompok peminatan.

Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling

Layanan Bimbingan dan Konseling memiliki tujuan membantu konseli mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh dalam aspek pribadi, belajar, sosial, dan karir. Fokus pengembangan layanan peminatan peserta didik diarahkan pada kegiatan meliputi;

  1. pemberian informasi program peminatan;
  2. melakukan pemetaan dan penetapan peminatan peserta didik (pengumpulan data, analisis data, interpretasi hasil analisis data dan penetapan peminatan peserta didik);
  3. layanan lintas minat;
  4. layanan pendalaman minat;
  5. layanan pindah minat;
  6. pendampingan dilakukan melalui bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individual, konseling kelompok, dan konsultasi;
  7. pengembangan dan penyaluran; dan
  8. evaluasi dan tindak lanjut.

Peran Bimbingan dan Konseling dalam penentuan peminatan dan lintas minat sebagai berikut.

  1. Merancang angket peminatan.
  2. Mengidentifikasi dan mendokumentasikan data-data calon peserta didik.
  3. Melaksanakan wawancara dengan peserta didik dan orangtua/wali peserta didik.
  4. Menempatkan peserta didik (bersama–sama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum) sesuai minat dan bakat dengan kondisi sekolah.

Adapun alokasi waktu layanan Bimbingan dan Konseling untuk peminatan dan perencanaan individual seperti pada tabel 5 di bawah ini.

tabel layanan BP

Fungsi Bimbingan dan Konseling diantaranya membangun adaptasi pendidik dan tenaga kependidikan terhadap program dan aktivitas pendidikan sesuai dengan latar belakang pendidikan, bakat, minat, kemampuan, kecepatan belajar, dan kebutuhan peserta didik.

Sumber : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s